Thursday, January 13, 2011

Fixie/Fixed Gear



Yaaaap  sepeda yang sedang  trend2nya saat ini, karena bentuknya yang minimalis serta paduan warna  – warna menjadikan sepeda ini terfavorit di kalangan remaja. Gimana ngga,bahkan banyak orang yang menjadikan fixie sebagai “new gadget”  bagi mereka. Berawal dari kata Fixed Gear lalu terjadi pergeseran kata menjadi  fixie, “Saya punya sepeda balap, saya cat warna warni tapi saya pakai torpedo, bisa di sebut fixie ngga?”, jawabannya tidak karena inti dari fixie adalah sepeda yang memiliki gear mati/tetap (fixed gear) atau juga yang biasa kita sebut doltrap, jadi apapun bentuk sepedanya mau itu ontel, MTB(mountain bike),  citybike, atau folding bike sekali pun jika dia memiliki gear yang fixed maka bisa di sebut fixie/fixed gear.

Pada awal tahun 2010 hanya sedikit bengkel-bengkel sepeda yang  “merakyat” yang bisa kita jumpai untuk merakit fixie, contohnya aja atek(Kebayoran), B knee(Radio Dalam) , mencos (Salemba), iway boncel(Jagakarsa), dll. Gw sendiri pun ketika merakit sepeda sudah “khatam” dengan bengkel – bengkel tersebut karena sering mondar-mandir hunting part-part yang murah (maklum mahasiswa hehehe). “Mahalkah merakit fixie?” jawabannya ngga juga, untuk lower class berkisaran 500rb-1jtan, middle class  bisa menghabiskan 2-6jt dan high class bisa menghabiskan 10jt sampai tak terbatas. Jika anda punya kocek lebih anda bisa berkunjung  ke Rocket Company, Monster Bike, Velodome dan cyclo.

Seiring dengan banyaknya pengguna fixie di Jakarta membuat banyak komunitas- komunitas yang terbentuk dengan kesamaan hobby ber-fixe ria, ada yang hanya melakukan riding jarak jauh ada pula komunitas yang lebih menonjolkan trick dan juga ada pula yang menonjolkan  keduanya. Komunitas yang bisa di sebut “sesepuh” di jagat raya per- fixie-an (lebay) di Indonesia adalah ID-Fixed. Inilah komunitas yang pertama kali mencoba membuat fixie dengan memperhatikan video-video all about fixed gear yang banyak dijumpai di youtube.

Semoga dengan merambahnya fixie di Indonesia bisa menjadi manfaat untuk terbebasnya Jakarta dengan polusi .  Let’s ride your fixed, Let’s act beyond green.


No comments:

Post a Comment